Fajar Herianto

Anti Mail Spider/Grabber (Proteksi alamat email) Di Blogger


Banyak cara yang bisa kita lakukan menghindari mail spider atau mail grabber sebagai proteksi alamat mail pada halaman web/blog, salah satunya mengganti tanda @ dengan [at] atau tanda titik dengan [dot] namun cara ini tidak terlalu menjamin email kita bakal aman darispider mail grabber. Kenapa menurut saya tidak aman? mungkin tulisan dibawah ini bisa sedikit memberikan sedikit jawaban tentang pemahaman cara Spider Mail bekerja.


Lihat contoh proteksi alamat email yang banyak digunakan:

namaemail[at]domain[dot]com 
namaemail@domain[dot]com
namaemail[at]domain.com

Biasanya progammer mail grabber akan mencari kata "mailto:" kemudian diikuti pencarian tanda @ dan titik sebagai penanda alamat mail pada halaman web, mencarian bermula dari kata pertama sebelum tanda @ kemudian mencari tanda titik setelah tanda @, jika tanda @ dan titik sudah ditemukan tinggal mencari 3 - 4 huruf untuk nama domain setelah tanda titik (yang harus diingat format mail tidak pernah menggunakan spasi). Sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika programmer menambahkan algoritma pencarian untuk tanda ini [at] - [dot], at - dot, @ - dot, at - titik, yang jelas cara diatas tidak menjamin alamat email kita aman. Namun jika tetap berkeras menggunakan cara diatas, solusi dari saya cukup tambahkan saja spasi untuk menghindari mail spider ( contoh namaemail [at] domain [dot] com )


Sebenarnya ada cara proteksi email yang lebih baik dari cara diatas dimana spider mailtidak mampu melacak dengan baik, selain anti spider cara ini tetap menampilkan tanda @ dan titik pada alamat mail yang ingin di tampilkan pada halaman web/blog:

<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
<!-- Original: Oom's Blog -->
<!-- Web Site: http://www.o-om.com -->
<!-- Begin

user = "namamail";
site = "
gmail.com";
document.write('<a href=\"mailto:' + user + '@' + site + '\">');
document.write(user + '@' + site + '</a>');
// End -->
</SCRIPT>

Cara menggunakan kode javascript diatas cukup ganti kode warna merah dengan alamat email milik kita sendiri.

Contoh tampilan mail bisa dilihat pada sebelah kanan profile, lihat gambar dibawah:

 
Catatan: Cara proteksi alamat email dengan javascript tidak akan berfungsi dengan baik jika kita melakukan disable javasript pada web browser

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget