Fajar Herianto

Cara mengkustom halaman http 404 error pada blogger


Cara mengkustom halaman http 404 error pada blogger

Cara mengkustom halaman Error 404 pada blogger --Kode 404 atau pesan error pada halaman "not found" adalah halaman standar yang ditampilkan oleh server kepada user yang mengunjungi link artikel tertentu, link tersebut muncul ketikaartikel yang diminta tidak ditemukan pada server.


The web site hosting server will typically generate "404 - Not Found" web page, when users attempts to follow a broken or dead link, hence the 404 error is one of the most recognizable errors users can find on the web. 

Ya.. Kutipan diatas adalah keterangan singkat dari wikipedia bahwa halaman tersebut muncul ketika link yang diminta sudah rusak atau mati. Sebagai pemiliki blog kita bisa mengkustom halaman http 404 error tersebut, sayangnya cara yang saya beberkan ini adalah hanya untuk sobat yang hostingnya di blogger / google saja.

Nah, kelebihan kita mengkustom halaman http 404 error pada blogger ini adalah :

  1. Mengurangi rasa gusar pada pengunjung karena link / artikel yang dituju tidak dijumpai.
  2. Memberikan alternatif link
  3. Memberikan kota Search untuk user sehingga menjadi alternatif untuk mencari artikel yang diinginkan.
  4. Memberi manfaat
  5. Mencegah pengunjung meninggalkan situs kita begitu saja
  6. Tampak lebih profesional..
Cara mengkustom halaman http 404 error pada blogger

1. Login ke dashboard blog.

2. Rancangan --> Edit HTML

3. Copy code berikut dan paste diatas tag </body>
<script type="text/javascript"> var GOOG_FIXURL_LANG = 'in'; var GOOG_FIXURL_SITE = 'http://www.example.com'</script><script type="text/javascript"src="http://linkhelp.clients.google.com/tbproxy/lh/wm/fixurl.js"></script>
KETERANGAN
Ganti link warna merah dengan link homepage sobat..

4. Save template sobat

Status:
Sayangnya cara ini hanya bekerja pada template tertentu saja. Saya sendiri sudah mencoba pada blog ini tapi tidak memberikan dampak apa-apa. Namun, belum dicoba pada blog lainnya. Padahal cara ini direkomendasi oleh google lihat detail disini. Menurut sumber, script ini masih uji coba dan tidak menjamin untuk bekerja pada semua blog. Semoga ada langkah atau cara yang lebih optimal untukmengatasi error 404 ini.

Demikian cara mengkustom halaman http 404 error pada blogger, semoga bermanfaat and happy blogging..

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget