Fajar Herianto

Cara Paling Ampuh Atasi Komentar Spam Yang Merajalela Di WordPress


Cara Paling Ampuh Atasi Komentar Spam Yang Merajalela“, sungguh judul posting yang terlalu lebay hahahaha… Sejak pada awalnya blog ini (bootingskoBlog.net) berdiri, mungkin komentar spam belum tertarik membuang sampahnya di blog ini. Namun seiring pertumbuhan trafik dan pagerank, banyak oknum yang menjadikan bootingskoBlog target komentar spam.8

Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming.
Hal ini sangat Saya sayangkan karena semua rekan bootingskoBlog yang berkomentar akan di bagikan ke semua akun Facebook dan Twitter yang Saya miliki. Dan jika ada yang berkomentar spam, kasihan pengikut dan sahabat Saya yang ada di sosial media menerima tautan yang tidak jelas bahasanya.
Saat tulisan ini dibuat, komentar spam sudah menumpuk 80 komentar. Oknum ini (yang memberi komentar spam) tidak jelas, namun web si pemilik komentar spam berbahasa Inggris.
Bentuk cara yang dilakukan si oknum adalah dengan memberikan trackback ke salah satu posting. Cukup pintar karena tidak butuh susah payah datang ke blog ini dan cukup hemat untuk membeli software penyebar komentar massal.
Bagaimana dengan plugin yang Saya pakai (khusus pemakai WP.org)? Sejauh ini plugin yang Saya pakai adalah WP-reCAPTCHA dan cukup memuaskan bagi Saya. Walaupun ada segelintir yang masih lolos, bukan berarti plugin ini tidak berfungsi namun si oknum menggunakan cara tradisional dengan berkomentar secara manual. Dan lagi-lagi oknum ini berasal dari web berbahasa Inggris.
Akhirnya Saya memutuskan memakai cara ampuh untuk mengatasi komentar spam ini, yaitu dengan memoderasi kemudian mempilih-pilih komentar yang Saya anggap bukan spam.
Ya… ini mungkin cara yang paling ampuh atasi komentar spam. Untuk mensettingnya di WordPress.com cukup dengan beberapa langkah sebagai berikut:
  1. Silahkan login dulu ke akun WordPress anda.
  2. Kemudian klik [Settings] > [Discussion].
  3. Pada  [Before a comment appears], berikan tanda centang dan hilangkan tanda centang pada:
    [ √ ]An administrator must always approve the comment .
    [    ]Comment author must have a previously approved comment .
    Cara Paling Ampuh Atasi Komentar Spam Yang Merajalela
  4. Dan klik tombol [Save Changes].
Ada cara satu lagi,
cara ini meringankan tugas Anda hehehe… Jadi sistem kerjanya setiap komentar akan diterbitkan tanpa perlu melalui proses moderasi terlebih dahulu dengan catatansi pemberi komentar terlebih dahulu sudah memiliki komentar yang telah Anda setujui pada waktu yang lalu untuk ditampilkan.
Jadi bisa dikatakan bahwa komentator yang memiliki reputasi baik dalam berkomentar akan langsung diterbitkan otomatis. Tentu saja sebelumnya melalui tahap moderasi komentar untuk memilih layak tidaknya kira-kira komentator ini dalam menulis komentar dilain waktu.
Dan komentator yang belum memiliki komentar yang Anda setujui, jika berkomentar akan langsung dimasukkan pada komentar pending (menunggu persetujuan Anda). Biasanya pengunjung baru yang datang ke blog Anda.
Caranya, hilangkan tanda centang pada [An administrator must always approve the comment] dan beri tanda centang pada [Comment author must have a previously approved comment].
Sebelumnya Saya minta maaf kerena memperlakukan cara memoderasi terlebih dahulu terhadap komentar yang masuk. Namun jangan khawatir, semua komentar akan Saya approve apapun isi komentar Anda. Saya hanya menghapus komentar yang akhir-akhir ini sering melakukan serangan spamming terhadap blog Saya.
Tak lupa dan tak cukup satu kali ucapan terima kasih ini Saya peruntukan bagi mereka yang telah ikut membesarkan bootingskoBlog.net hingga tumbuh seperti sekarang ini: Irfan HandilostmyideaMas BrodhimazNanang ChairudinRed dan juga kepada Abed Saragih serta DeRie atas awardnya.
Buat para jagoan Saya ini, TERIMA KASIH BANYAK SOB.

Referensi:

  • Spam, http://id.wikipedia.org/wiki/Spam.
  • Image, http://en.support.wordpress.com/.
cara mengatasi gambar yang ada yang kurang jelas di google windows 7, cara mengirim spam ke facebook, cara menghilangkan spam di blog, trik spam, cara menghilangkan spam twitter, Bagaimana Cara kirim komentar lewat wordpress, cara menghilangkan komentar di facebook, mencegah komentar spam wp, cara menghilangkan komentar page di wordpress, komentar spam, tips dan trik wordpress com, tips wordpress lengkap, cara membuat comment di wordpress tidak pending, cara aprove komentar wordpress com, cara mengatasi spam pada facebook, kumpulan tutorial wordpress, cara spam, kumpulan kode banner wordpress, Hilangkan komentar spam di blog, jara memutuskan berlangganan berkomentar, kalau spam di facebook terletak dimana, menghapus tautan ke i have net com, komen masuk spam wordpress, komen spam facebook, kumpulan archive shortcode, hapus spam tanpa plug in di web wordpress, hapus spam tanpa plug in, Cara nyepam facebook dEngan HP, cara paling ampuh download, cara spam akun facebook, cara spam facebook, cara spam komentar, cara spamming, cara terampuh untuk meringan windows 7, cara wordpress spam, efek di wordpress com, cara yang paling amuh menghilangkan, download aplikasi menghilangkan spamming chat, Kumpulan tips & trik lengkap, kumpulan tips wordpress, kumpulan tips wordpress lengkap, proses spamming, rss feed in wordpress, setting umpan web facebook, spam di twitter, tips dan trik wordpress 2012, tips twitter bagi pemula, tools blog commenting paling ampuh, trick wordpress com, trik dan tips pada wordpress untuk pemula

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget