Fajar Herianto

Memasang Recent Posts (Artikel Terbaru) Tepat Di Bawah Posting Di WordPress


Recent posts atau disebut juga dengan artikel terbaru atau artikel terakhirmerupakan widgets bawaan WordPress.com yang berfungsi untuk menampilkan daftar artikel terbaru pada suatu blog. Kebanyakan pengguna WordPress.com memasangnya di sidebar, yang memang dikarenakan hanya di sidebarlah widget ini bisa diletakkan.
Bagaimana jika recent posts ini diletakkan tepat di bawah posting seperti related posts. Bisakah? Jawabnya adalah bisa, ada 2 cara untuk memasang recent posts tepat di bawah posting di WordPress.com:
  1. Membuatnya secara manual, yaitu kita diharuskan menulis judul artikel dan kemudian dijadikan link satu persatu. Namun cara ini kurang efektif dan terlalu bertele-tele.
  2. Membuatnya secara otomatis, yaitu kita menggunakan shortcode untuk membuat recent posts ini tampil secara otomatis. Jadi kita tidak direpotkan harus membuat link-link secara manual dan selalu update saat ada artikel baru.
Karena saya yakin anda lebih suka sesuatu yang serba otomatis, maka saya akan mengambil cara ke-2 untuk membuat recent posts ini tampil di bawah posting. Dan berikut caranya:
  1. Silahkan login ke admin WordPress.com anda.
  2. Untuk memulai membuat tulisan baru klik menu [Post] > [Add New].
  3. Selesaikan dulu tulisan anda sampai selesai pada mode [Visual].
  4. Setelah anda selesai menulis, ganti ke mode [HTML] dan tepat dibawah paragaraf terakhir anda sisipkan shortcode sebagai berikut:
    <h2>Recent Posts :</h2>
    [archives limit=5]
  5. Setelah selesai, klik tombol [Save Draft] bila anda ingin menyimpannya dulu atau klik tombol [Publish] bila anda ingin menampilkannya pada halaman blog anda.
Ubah nilai limit untuk menampilkan jumlah artikel terbaru yang tampil sesuai kehendak Anda. Lihat contoh pada blog WordPress.com disini.

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget