Fajar Herianto

Memberi Trackback Pada Tulisan (Post Trackbacks) Di WordPress


Menurut saya sendiri trackback adalah pesan singkat yang berupa potongan kecil yang diambil dari isi posting kita (biasanya diambil beberapa kata pada paragraf pertama) yang akan muncul di kotak komentar blog lain yang sebelumnya telah kita berikan trackback di posting kita untuk memberitahukan dan menginformasikan isi singkat dari posting kita. Atau bila kita terjemahkan trackback adalah lacak balik/jejak balik, yang intinya kita meninggalkan jejak diblognya orang supaya orang tersebut tahu dan mengikuti jejak kita menuju kemana, yaitu keblog/posting kita.
  1. Login ke Admin WordPress anda.
  2. Pada sisi kiri halaman  klik menu [Post] > [Add New].
  3. Dan akan tampil halaman ‘Add New Post’.
  4. Silahkan mulai menulis pada mode [Visual].
  5. Kemudian pada menu ‘Send Trackbacks’ isikan alamat spesific dari blog orang lain yang ingin diberikan trackback dengan menambahkan kata trackback/disetiap akhir alamat.

    Contoh:
    Alamat blog ini adalah http://bootingskoblog.net/
    Yang dimaksud alamat spesific dari blog saya adalah alamat dari  posting ini.
    http://www.bootingskoblog.net/memberi-trackback-di-tulisan-post-trackbacks/trackback/
  6. Jika anda ingin memberikan trackback lebih dari 1, pisahkan dengan spasi.
  7. Kemudian pada menu ‘Discussion’ beri tanda centang [ √ ] pada [Allow comments on this post] dan [Allow trackbacks and pingbacks on this post].
  8. Setelah selesai, klik tombol [Save Draft] bila anda ingin menyimpannya dulu atau klik tombol [Publish] bila anda ingin menampilkannya pada halaman blog anda.

NB :

  • Potongan singkat dari isi posting pada kotak komentar akan tampil tergantung dari masing-masing theme.
  • Pemberian trackback ini hanya berlaku pada sesama pemilik blog di WordPress.
  • Silahkan coba diposting baru atau lama anda untuk memberikan trackback pada alamat posting ini. Jika berhasil maka di kotak komentar posting ini akan ada pingback dari trackback anda. Silahkan dicoba.

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget