Fajar Herianto

Mengenal Karakter Dari Situs e-Commerce Di Blogger


Dunia bisnis zaman sekarang erat kaitannya dengan yang namanya Internet. Saat ini, internet telah menjadi Tool (alat) bisnis yang sangat penting bagi para entrepreneur. Internet tidak lagi menjadi sarana untuk dunia hiburan maupun teknik, namun juga menjadi media penting untuk meningkatkan keuntungan berbisnis.
Mengapa Internet menjadi penting? Karena Internet menyediakan berbagai sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran, promosi maupun penjualan produk tanpa adanya batasan Negara, Waktu, dan Tempat.
Itulah alasan mengapa banyak Perusahaan-perusahaan besar yang membangun sebuah Website hanya untuk melakukan sebuah Penjualan tiket secara Online dan Mempromosikan Produk yang mereka jual, mengapa? Karena Internet memiliki fasilitas tanpa batasan Negara, Waktu, dan Tempat. Karena itu, para entrepreneur yang ingin sukses di zaman ini wajib memahami Internet, guna menunjang proses Bisnis mereka. Internet bisa digunakan untuk menunjang pengembangan bisnis (Biasanya Perusahaan) atau bahkan bisa menjadi Basis dari bisnis mereka (Seperti eBay, Amazone, dll).

Salah satu penerapan bisnis via Internet adalah e-commerce. Adalah singkatan dariElectronic Commerce, merupakan sebuah transaksi pembelian dan penjualan baik Produk barang atau jasa melalui sistem elektronik, seperti Internet dan jaringan komputer lainnya. 
Saat ini, jumlah barang dan jasa yang dijual lewat Internet sudah sangat banyak. Pesatnya perkembangan itu tak lepas dari menjamurnya teknologi untuk melakukan Transfer uang elektronik, mulai dari transfer lewat Bank, adanya berbagai variasi teknologi pendukung e-commerce, Seperti Supply Chain Management, Internet Marketing, Pemrosesan transaksi Online, Electronic Data Interchange, Sistem Manajemen Inventori, dan sistem pengumpulan data Otomatis.

E-Commerce modern pada umumnya merupakan salah satu tahapan dari jual-beli secara keseluruhan, yaitu menggunakan Interface Web untuk mengakomodasi salah satu tahap penjualan.
Pada umumnya, memang demikian keadaannya, Web saja tidaklah cukup. Sebut saja transfer uang (Pembayaran) yang masih dilakukan antar Bank lokal, sementara apabila anda membeli sebua barang dari Luar Negeri, pembayaran akan susah untuk dilakukan. Banyak toko e-Commerce yang menjual barang atau produk berbentuk Non-Fisik, seperti e-book (Electronic Book), Layanan Konsultasi, dsb. Padahal, sebuah toko haruslah memiliki sebuah produk yang dapat dipakai atau dilihat secara fisik, seperti Kasur, Bantal, Selimut, Buku (Hard Copy), Busana, dsb. 
Penjual retail melalui media Online biasanya disebut dengan “e-tailer” untuk mempersingkat namanya agar lebih Familiar dan Mudah diingat, maka disingkat lagi dengan nama e-tail. Para penjual besar dahulu tidak menggunakan e-Commerce kini mulai banyak yang memanfaatkan sarana ini.

E-Commerce ditinjau dari pihak yang berkepentingan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Business to Business (B2B)
2. Business to Costumer (B2C)

Jenis B2B dapat terdiri dari banyak pilihan yang berkepentingan, seperti pertukaran Komoditas atau partisipan terpilih saja, misalnya pasar Elektronik Pribadi. E-Commerce sendiri merupakan bagian kecil dari strategi yang lebih besar lagi dibandingkan dengan Domain bisnis di Internet, yaitu e-business. E-Commerce hanyalah bagian yang melayani transaksi elektronik atau bisa dikatakan bagian dari penjualan dari e-business.

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget