Fajar Herianto

Pengenalan Blogger data API - Client Applications Di Blogger


Artikel kali ini mengenalkan pada pembaca yang memiliki basic programming untuk mempelajari Blogger Data API dan memanfaatkannya sebagai Blogger Client Applications.Dimana selanjutnya seorang programmer mampu merancang sendiri Tools Blogger Edittor pada Aplikasi Desktop, Browser Plug-in, bahkan mampu merancang sendiri Aplikasi Blog Aggregator. Sebagai contoh anda tentu pernah menggunakan salah satu tools aplikasi dekstop maupun pada layanan online, dengan tools tersebut kita dapat mengedit, menghapus, dan memperbaharui conten blog tanpa harus login langsung pada engine sebenarnya. Disini saya yakin anda sudah memiliki gambaran bagaimana blog editor tersebut bekerja, tools inilah yang saya maksud nantinya sebagai salah satu contoh Blogger Client Applications.



Mempelajari Blogger Data API berarti kita (programmer) sebagai pihak pengembang diberi kuasa untuk memanfaatkannya. Sebelum mempelajarinya perlu di ketahui Blogger data API merupakan bagian dari salah satu service Google data APIs (Gdata). Gdata ini menggunakan dua format standar XML-based yaitu ATOM dan RSS. Gdata inilah yang merupakan simple standard protocol yang digunakan untuk mempermudah proses baca dan tulis data di web. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai Gdata bisa anda baca di alamat ini:  http://code.google.com/apis/gdata/overview.html


Pengenalan Bogger data Api?

Blogger data api membolehkan pihak ketiga (pengembang) untuk menampilkan dan update terhadap isi content blogger melalui proses pengambilan data melalui Google Data API feeds. kita dapat mengedit isi postingan, menghapus dan memperbaharuinya, tidak sampai disitu kita juga dapat mengirim dan menghapus komentar yang telah diterbitkan sebelumnya.
Untuk pengenalan dasar mengenai blogger data API ada 3 langkah untuk mulai mempelajarinya, pertama pelajari dulu Google data APIs, lanjutkan kelangkah berikutnya mengenai Blogger data API Developer's Guide atau anda bisa membaca pedoman selanjutnya disini Reference Guide jika memang diperlukan selengkapnya bisa baca sinihttp://code.google.com/apis/blogger/


Pemrograman

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuat aplikasi client, jika anda berada pada halaman Developer's Guide: Protocol disitu sudah lengkap dijelaskan bahasa program yang dapat anda gunakan, sampai saat ini ada lima standar dukungan bahasa program yang bisa anda pelajari, diantaranya :
Jika anda menanyakan mana yang lebih mudah maka akan saya jawab semuanya sulit, yang membuatnya mudah ditentukan sesuai dengan basic programing anda masing-masing. Jika saya harus memilih tentu pilihan akan jatuh ke .Net dan Javasript karena saya cuma ngerti dibahasa program ini saja. Satu pilihan yang paling disarankan, sebaiknya anda memilih Javascript saja, karena disitu sudah disertakan tutorial beserta sample code dan hasil output-nya tentu anda langsung bisa mencobanya. selengkapnya bisa anda lihat disini


Standard Authentication (bukti keaslian)

Standar Authentication merupakan sebuah protocol yang memungkinkan user untuk melakukan Authentication (pembuktian keaslian), Authorize (otoritas/pemberian hak) untuk para pengguna atau user yang ingin mengakses suatu sistem atau layanan dari pusat server jaringan komputer.  Authentication ini juga dibutuhkan pada saat kita ingin melakukan akses pada jaringan Blogger (Google) yaitu dengan cara memasukan username dan passwordPada  Authentication ke Servies Blogger kita dapat mengakses Blogger dengan dua cara yaitu menggunakan hak Private dan Public Feeds. Biasanya public feeds tidak mengharuskan kita menggunakan  Authentication, berbeda dengan Private Feeds yang mengharuskan kita melakukan Authentication terlebih dahulu.

Sample Aplikasi

Menggunakan Visual Basic.Net
Untuk memudahkan anda mengerti cara kerja Blogger data API dibawah ini saya sertakan source code menggunakan VB.Net. Tools ini pernah saya ulas akhir 2007 yang lalu, dengan tools ini anda akan memahami bagaimana melakukan backup blogger menggunakan akses Gdata memalui Feeds Blogger Backup Utility (VB.Net open source)

Menggunakan JavaScript Client Library
Blog.Gear sebenarnya merupakan salah satu proyek dari Google Gear dimana layanan ini rencananya digunakan untuk mengakses aplikasi Blogger pada modus Offline. Namum anda bisa mencoba untuk mempelajari penerapannya menggunakan Blogger Data API. Anda juga bisa mempelajari source codenya disini, untuk videonya bisa anda simak disini.

Tulisan ini hanya pengenalan dasar dan tentu saja masih jauh dari sempurna. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget