Fajar Herianto

Solusi Backup Blogger (Posting, Komentar, Template) Di Blogger


Solusi Backup Blogger (Posting, Komentar, Template) Di Blogger


Apa yang ditakutkan para Blogger selain blog-nya di banned sama layanan Blogspot (Blogger), kalo cuma di banned dari layanan adsense mungkin tidah masalah tapi apa jadinya jika blog anda yang kena ban dari blogger. Kita tidak akan pernah tahu kapan blog kita akan dibanned oleh layanan blogger, bisa jadi hari ini besok ataupun lusa., yang jelas jangan sampai hal ini terjadi.
Bukannya membuat anda takut tapi hanya untuk memperingatkan saja jika hal ini benar-benar bisa terjadi pada blog anda. Pernah dengar khan blog yang di banned sama layanan blogger tanpa alasan yang jelas. Bayangkan blog tersebut sudah mempunyai pagerank yang tinggi dengan jumlah pengunjung yang membludak ditambah lagi dengan jumlah posting lebih dari 1000. Apa jadinya jika hal itu terjadi pada blog anda? ......!Agar terhindar dari hal diatas jawaban yang terbaik adalah ber do'a dan berusaha, yang jelas blogger yang mati masih bisa dihidupkan kembali asal tahu caranya. untuk itu tidak ada cara lain untuk mengembalikan data anda yang telah hilang selain melakukan backup semua posting dan komentar blogger anda. Baca tips dibawah ini, langsung praktekan dan jangan tunda lagi selagi blog anda masih bernyawa.

Cara Backup Posting Blogger (Post)


Tips:

Blogger menyediakan layanan otomatis jika kita telah melakukan posting maka postingan tersebut akan dikirim langsung kealamat email kita. Cara membackup posting blogger cukup mudah anda tinggal mengaktifkan alamat email anda yaitu masuk halamanPengaturan - email, Masukan alamat email terserah anda, email apa saja, bisa Gmail atau yahoo kemudian simpan alamat mail tersebut.

 

 

Saya mempunyai solusi yang baik buat anda, jika anda menyimpan dengan alamat Gmail sebaiknya kirim ulang data tersebut ke email yang lain, bingung? ketika anda menerima sebuah posting pada alamat gmail anda kirim ulang posting tersebut ke alamat email yang lain misalkan yahoo. hal ini untuk menghindari jika alamat gmail anda juga kena ban dan anda masih punya backupnya..Masa sih, kayanya buang-buang waktu saja? terserah anda, terlalu paranoid memang, tapi kita tidak bakal tahu hari esok khan. ( ini haya berlaku jika anda hanya mempunya 1 alamat email) Jika cara pertama terlalu rumit lebih baik membuat account baru pada gmail sebisanya alamat baru tersebut hanya dukhususkan untuk menerima posting atau komentar.

Cara Backup Template Blogger

Tips

Cara backup template blogger lebih mudah dari pada backup posting caranya masuk halaman Template - Edit HTML. Lakukan copy paste pada text editor misalkan notepad atau untuk lebih mudah klik "dowlnoad template lengkap" kemudian simpan ditempat yang aman.

 

 
Solusi :


1. Lakukan backup terlebih dahulu sebelum anda melakukan perubahan, intinya jangan bermain api jika anda takut terbakar.
2. Bagaimana jika anda belum melakukan backup tapi melakukan kesalahan dalam kode? biasanya blogger menampilkan halaman konfirmasi jika ada beberapa widget yang akan dihapus, jangan lanjutkan penyimpanan, jika terlanjur menyiman anda bisa mengembalikan halaman tersebut seperti semula dengan mengklik "Kembalikan template widget ke default"


Cara Backup Komentar (comments)

Tips :

Untuk melakukan backup komentar hampir sama dengan backup posting, yaitu dengan mengaktifkan alamat email pada settings komentar. caranya masuk ke pengaturan - Komentar kemudian tuju ke "Alamat Notifikasi Komentar" masukan alamat email anda terserah misalnya gmail atau yahoo. penulis tetap menyarankan anda membuat account gmail baru dan gunakan email tersebut hanya untuk menerima posting dan komentar.

 

 

Lakukan Backup Blogger dengan tools WebCopier atau tools sejenis

Cara ini juga bisa dijadikan alternatif backup blogger anda namun sayang anda harus meluangkan waktu anda untuk proses yang sangat lama. anda bisa mendownload tools tersebut disini http://www.maximumsoft.com/downloads/index.html

 

Posting Komentar

Fajar Herianto

{facebook#https://www.facebook.com/fajarcintalia} {twitter#https://twitter.com/HeriantoFajar} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/118173459679605761698/posts} {youtube#https://www.youtube.com/user/aplikasiterunik} {instagram#https://www.instagram.com/aplikasiterunik/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget